Penggunaan Search Intent Untuk Menentukan Keyword


Hidayatimur ~ Apakah selama ini kalian menganggap semua keywords itu sama atau hanya disebut sebagai rumusan "Kata Kunci". Tapi kenyataannya tidak begitu, anda harus menilai keywords berdasarkan intent dari pencarinya. Jadi, tidak semua keywords memiliki nilai yang sama.

Search intent dapat diartikan sebagai Maksud atau Tujuan dari hasil pencarian Google yang dilakukan.

Sebagai contohnya, ada orang yang sedang mencari sebuah produk di pencarian Google dengan keywords berikut:

  1. Panduan blogger
  2. Beli buku panduan blogger
  3. Panduan blogger lengkap raih penghasilan puluhan juta

Kira-kira apa yang mereka harapkan di hasil pencarian Google dengan keywords tersebut?

Contohnya seperti ini (berdasarkan urutan nomor):

  1. Ingin mengetahui bagaimana cara membuat blog
  2. Ingin membeli buku panduannya
  3. Ingin mendapatkan keuntungan setelah berhasil menguasai panduan blog

Pernyataan diatas penulis rasa masuk akal. Dengan mengetahui maksud dan tujuan/intent tersebut anda bisa membayangkan konten seperti apa yang mereka cari. Hal inilah merupakan cara kerja Google menyaring algoritmanya.

Google akan memahami siapa yang menggunakan kata kunci "beli buku panduan blogger", tentunya mereka berkeinginan untuk membeli. Maka dari itu halaman produk toko online akan mendapatkan peringkat teratas.

Dari sini belum selesai. Bahwa konten artikel yang demikian mustahil bisa mendapatkan halaman pertama untuk keywords tersebut.

Lantas bagaimana untuk keywords pertama diatas

Maksut saya  kata kunci Panduan Blogger

Google mengerti bahwa user butuh informasi resmi atau terpercaya. Sehingga akan sangat sulit bagi blogger atau website baru untuk bersaing di keywords ini. Itulah yang dinamakan search intent.

Jika anda bingung untuk mengetahui langkah yang seharusnya dilakukan seperti apa, disini penulis membagi search intent ke dalam 2 kategori:


  • Informasi


Biasanya orang yang menggunakan keywords informasi atau informational sudah tentu butuh informasi yang tepat.

Lihat contoh berikut ini:


  1. Sejarah lambang garuda pancasila
  2. Protein nabati
  3. Panduan membuat blog
  4. Gejala penyakit tumor


Dengan kata lain, konten yang anda buat harus berupa informasi.

Search intent yang satu ini merupakan keywords terbanyak di dalam pencarian dibandingkan dengan intent lain. Oleh karena itu, blog atau website yang berisi informasi ini banyak bertebaran di internet.

Tetapi, ada yang semestinya diperhatikan. Google mengerti bahwa pengunjung ingin mendapatkan informasi dengan cepat. Sehingga keywords yang sifatnya informational seringkali Goolge memberikan jawabannya secara langsung.

Dikarenakan adanya fitur quick answer box dari google, orang yang melakukan riset pencarian di Google sehingga tidak perlu lagi mengunjungi blog atau website lain.

Dengan keywords menggunakan bahasa inggris, quick answer box seperti ini akan menyebabkan jumlah pengunjung turun derastis daripada sebelumnya. Memang di Indonesia untuk saat ini masih jarang, tapi waktu yang akan datang akan semakin sering.

Meski keywords tersebut memiliki volume tertinggi, tapi belum tentu mendapatkan banyak pengunjung.


  • Investigasi Komersial


Katakanlah ada seseorang yang ingin membeli barang, tapi harganya terlalu tinggi dan biasanya mereka tidak langsung membeli begitu saja.

Sudah tentu mereka akan melakukan pencarian dulu di Google. Orang tersebut akan membaca-baca dulu supaya tahu produk mana yang terbaik, belinya dimana, harganya berapa, apakah memiliki promo atau tidak.

Keywords ini merupakan kata kunci yang digunakan ketika seseorang ingin mempelajari tentang produk atau jasa tertentu sebelum membeli.

Contoh berikut ini:


  1. "Smartphone samsung android keluaran terbaru harga 8 jutaan"
  2. "Harga camera canon 750D"
  3. "Web hosting niagahoster terbaik di indonesia"


Nah, keywords kedua ini yang telah dijelaskan diatas tadi adalah kata kunci yang akan menghasilkan konsumen atau pembeli. Meski mereka merasa belum saatnya untuk membeli waktu itu juga, setidaknya mereka sudah pikir-pikir untuk mengambil produk itu atau tidak.

Maka dari itu, tugas anda adalah meyakinkan mereka.

Jadi, bentuk kategori keywords ini bermanfaat bagi orang yang terjun di dunia Digital Marketing yang akan memasarkan sebuah produk/jasa. Untuk itu, carilah sebanyak-banyaknya keywords Investigasi Komersial yang berhubungan dengan bisnis anda.

0 Response to "Penggunaan Search Intent Untuk Menentukan Keyword"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel