10 Cara Optimasi SEO Dan Mempercepat Loading Di Blog


10 Cara Mengoptimasi Seo dan Meringankan Loading Blog yang benar - Dalam persaingan di dunia blogger kita sangat berpengaruh dalam hal Seo dan Kecepatan blog , terutama jika anda menggunakan template template berat dan sangat tidak responsive. Saya sarankan anda menggunakam template ringan dan seo seperti Viomagz,  Brosense, Evomagz, Nubie Fast dan lainya.

Tentunya untuk mendapatkan hasil yang paling terbaik dan mempercepat saat loading di blog kita dibutuhkan Optimasi Ini.

Keuntungan memiliki blog yang fast loading ?

Ada sangat banyak manfaat dari loading blog yang cepat ini, seperti membuat pengunjung sangat betah berlama-lama di blog kita sehingga mereka mengurangi bounce rate, dan membuat mesin pencari google lebih menyukai blog kita karena loadingnya yang sangat cepat. Seperti yang saat ini kita ketahui bahwa kecepatan pemuatan sebuah situs sudah menjadi salah satu faktor dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi SEO.

Jika anda belum mempunyai website dan tidak tau langkah awal dalam membuat blog anda bisa kunjungi 5 langkah awal membuat Website

Cara optimasi dan kecepatan blogger ?

Berikut berapa cara yang bisa anda lakukan untuk mempercepat template agar lebih fast loading dan mendapat skor bagus di GTmetrix,Google PagespeedInsight dan Test My Site by thinkwhitgoogle.

1. Menonaktifkan Navbar

Selain memperberat proses loading, navbar juga tidak ada fungsi yang penting pada template. Berbeda dengan hal yang anda gunakan merupakan template default blogger seperti PT. Keren Sekali maka Navbar akan berperan sangat penting, Oleh karena itu lebih baik mematikan saja fitur tersebut.

  1. Buka dashboard terlebih dahulu
  2. Buka Menu Tata Letak
  3. Lalu Pilih Widget Navbar
  4. Pilih matikan navbar paling bawah
  5. Selesai

2. Menghapus Gambar Thumbnail Postingan di Homepage

Cara yang kedua ini harus anda lakukan dengan benar dan teliti agar tidak mengalami kesalahan, yaitu menghapus gambar thumbnail pada homepage blog agar mempercepat proses loading Blog dan tidak ada proses memuat Gambar.

3. Menghapus Fitur Number Page Navigation

Dalam Numbered Page Navigation merupakan sebuah fitur untuk memudahkan kita dalam membuka halaman dari setiap postingan dan artikel yang ada di blog kita, Namun sayangnya fitur ini hanya dibuat menggunakan Javascript.

Dimana kode sejenis Javascript ini hanya dapat membuat loading blog kita menjadi berat, Oleh karena itu agar lebih ringan lebih baik kita akan menghapusnya dan mengganti dengan Page Navigation default bawaan blogger.

4. Memasang Fitur Load More

Fitur Load More adalah sebuah fitur pengganti terbaik untuk sebuah numbered page navigation maupun tombol page navigation bawaan blogger. Selain ringan, dengan menggunaan fitur ini mampu mengurangi sejumlah Bounce Rate dari situs anda.

5. Menghapus Gambar (Thumbnail) Pada Widget Popular Posts

Sebuah gambar yang ada di widget postingan populer memang sangat membuatnya terlihat lebih menarik, namun asal kamu tahu bahwa itu hanyalah membuat loading blog anda bertambah berat, Oleh karena itu kita menghapusnya dengan cara berikut :


  1. Buka dashboard terlebih dahulu
  2. Buka Menu Tata Letak
  3. Lalu Pilih Widget Popular Post
  4. Hapus Centang pada pilihan Thumbnail Gambar
  5. Selesai


6. Memasang Script Lazyload untuk Gambar

Script lazyload ini merupakan sebuah fitur yang membuat gambar hanya akan dimuat seketika pengunjung membukanya. Sehingga pada saat pengunjung tersebut membuka blog kita mereka hanya memuat beberapa file - file penting.

7. Memasang Sebuah Expired Header

Expired Header ini pada dasarnya hanya berfungsi untuk menyimpan cache pada browser kita sehingga saat seorang pengunjung membuka blog kita untuk kesekian kalinya, mereka bisa memuat dalam waktu cepat. Karena fitur ini bekerja dengan menyimpan cache dari file seperti CSS,HTML,JS,JPG.PNG,ico dan file lain yang terdapat di blog kita.

8. Memasang Script Lazy Load untuk Iklan

Untuk script ini merupakan fitur yang sangat unik, kenapa dibilang unik karena iklan akan memuat saat semua halaman telah termuat ketika  pengunjung tersebut membuka blog kamu dan akan terasa lebih ringan walaupun sudah menyediakan iklan di blog kamu.

9. Membuang dan mengganti Javascript , Css dan Widget Bundle Bawaan Blogger

Cara ini bisa dibilang sangat jarang dilakukan dan dianggap tidak terlalu bermasalah bagi blogger terkenal. Tetapi jika anda melakukan tahap ini dengan baik dan benar bisa dipastikan blog sobat bisa sangat-sangat ringan dan teroptimasi SEO dengan baik.

 Apa saja yang perlu dihapus dan tidak perlu dihapus di javascript bawaan blogger

Baca : https://www.igniel.com/2017/09/hapus-js-css-widget-bawaan-blogger.html

Semua tahap ke 9 sudah di terangkan di dalamnya dan anda hanya perlu melakukan apa saja yang tuliskan di artikel ini.

Jadi untuk mengoptimasi seo dan mendapatkan fast load dengn menggunakan  cara diatas ini dan juga berlaku pada template Viomagz.

0 Response to "10 Cara Optimasi SEO Dan Mempercepat Loading Di Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel