Penjelasan Lengkap Tentang Hosting Dan Kegunaanya maupun Jenisnya

Penjelasan Lengkap Tentang Hosting Dan Kegunaanya maupun Jenisnya


Membangun sebuah situs website merupakan salah satu cara ampuh dalam meningkatkan eksistensi di dunia maya, terlebih lagi bagi anda yang merupakan seorang pebisnis online.

Sebelum membangun sebuah website, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, salah satu hal yang paling penting adalah Hosting.

Hosting ini merupakan sebuah bagian yang sangat penting bagi berdirinya suatu website. Terlebih lagi bagi anda yang memang serius untuk mendirikan sebuah website untuk khalayak umum.

Nah, sebenarnya apa sih Hosting itu? kenapa Hosting menjadi bagian yang penting untuk diperhatikan ketika akan membangun suatu website?

Temukan jawaban dari pertanyaan diatas dalam pembahasan lengkap mengenai Hosting berikut ini:



1. Pengertian Hosting

Secara garis besar Hosting adalah sebuah tempat dimana kita bisa menyimpan berbagai jenis data (foto, video, file, script, app dll) di dalam website anda.

Didalam kehidupan sehari-hari, Hosting ini bisa kita ibaratkan sebagai sebuah lahan kosong. Anda bisa membuat apa saja di atas lahan kosong ini.

Nah, sebelum anda membangun atau mendirikan bangunan di lahan tersebut, anda harus menyewa lahan tersebut kepada sang pemiliknya dengan harga yang telah ditentukan.

Harga ini bisa ditentukan oleh banyak hal, beberapa diantaranya adalah: luas lahan, kondisi lahan, dan seberapa strategis lokasi tersebut.

Hal ini juga sama dengan Hosting. Harga untuk setiap Hosting itu berbeda-beda, ditentukan oleh kapasitas dari hosting itu sendiri. Semakin besar kapasitasnya, maka semakin mahal harganya.



2. Fungsi Hosting

Ada dua fungsi utama dari adanya sebuah Hosting, diantaranya sebagai berikut:

A. Sebagai Tempat Peyimpanan Data

Seperti yang sudah saya ulas pada pembahasan diatas, bahwa Hosting merupakan sebuah tempat penyimpanan data suatu website/situs web.

Dengan adanya Hosting ini maka anda sebagai admin website bisa dengan leluasa menyimpan data-data dari website yang anda miliki di Hosting tersebut.

Hosting sendiri memiliki bermacam-macam kapasitas, ada yang 30Mb, 80Mb, 100Mb, 1Gb, 2Gb dan sebagainya. Tentunya semakin besar kapasitas Hosting maka semakin banyak pula tempat yang bisa digunakan untuk menyimpan data.

Dan semakin besar kapasitas Hosting, juga akan membuat harga dari Hosting tersebut semakin mahal.


B. Memastikan Website Anda Dapat Diakses 24 Jam

Selain sebagai tempat penyimpanan data, Hosting juga memiliki fungsi lain yaitu memastikan bahwa situs web anda bisa diakses dengan baik oleh para pengunjung/visitor.

Memilih Hosting yang tepat  merupakan salah satu hal yang sangat penting. Sebab jika anda salah dalam memilih Hosting bisa saja akan berdampak pada situs website anda, seperti adanya error ketika diakses dan sebagainya.

Oleh sebab itu pastikan bahwa anda memilih Hosting yang cepat, dengan layanan yang sigap, dan tidak sering down.



3. Jenis-Jenis Hosting

A. Free Hosting

Sesuai dengan namanya, jenis Hosting yang pertama ini merupakan Hosting gratis alias tidak perlu membayar.

Anda bisa mendapatkan Free Hosting di berbagai website, seperti Blogger.com, Wordpress.com, Tumblr.com, atau pun Weebly.com

Yang menjadi kekurangan dari Free Hosting adalah kapasitasnya yang terbatas, mungkin hanya beberapa GB saja. Selain itu layanan dari Free Hosting juga terbatas dan tidak sebagus Hosting berbayar.


B. Shared Hosting

Shared Hosting adalah jenis Hosting berbayar yang biasanya memiliki harga terjangkau. Shared Hosting ini sering dipakai oleh situs blog pribadi dengan jumlah pengunjung yang tidak terlalu banyak.

Nah Shared Hosting ini sebenarnya merupakan jenis Hosting berbayar yang memiliki layanan cukup mumpuni dan sudah lebih dari cukup untuk keperluan situs website pada umumnya.

Sistem kerja Shared Hosting adalah dengan menempatkan beberapa situs website kedalam satu server yang sama, dimana beberapa situs tersebut saling bertukar sumber daya seperti RAM dan CPU.


C. Dedicated Hosting

Sistem kerja Dedicated Hosting pada dasarnya hampir sama dengan Shared Hosting, bedanya pada Dedicated Hosting ini, satu server hanya melayani satu buah situs website saja.

Oleh sebab itu, Dedicated Hosting ini menjadi salah satu jenis Hosting yang memiliki layanan keamanan dan performa yang baik, karena satu server hanya melayani satu situs saja, tidak ada situs lain yang ikut memakai server tersebut.


D. VPS Hosting

VPS Hosting merupakan singkatan dari Virtual Private Server, merupakan jenis Hosting yang memiliki kualitas dan performa mumpuni dan sangat baik ketimbang Shared Hosting.

VPS Hosting adalah jenis Hosting yang memiliki sumber daya lebih besar dari Hosting lainnya, oleh sebab itu situs yang memiliki VPS Hosting bisa dengan leluasa menyimpan berbagai jenis data.

Sedikit info saja, bahwa VPS Hosting ini sangat cocok digunakan oleh situs website yang memiliki puluhan ribu pengunjung setiap harinya.


E. Cloud Hosting

Sedikit lebih unggul dari VPS Hosting adalah Cloud Hosting. Cloud Hosting adalah jenis Hosting yang terdiri dari banyak server yang saling berhubungan satu sama lain.

Server-server ini nantinya akan saling bekerjasama untuk tetap menjaga kestabilan situs website. Jadi apabila anda menggunakan layanan Cloud Hosting ini maka anda tidak perlu khawatir lagi kalau situs anda akan error ketika diakses.

4. Alasan Memilih Untuk Menggunakan Hosting

Sebenarnya menggunakan Hosting itu tidaklah wajib, namun bagi anda yang memang serius dalam mengurus situs website anda, maka direkomendasikan menggunakan Hosting berbayar.

Apakah salah jika saya menggunakan layanan Hosting Gratis?

Tidak! menggunakan Hosting gratis tentu tidak ada salahnya, namun jika anda adalah seorang pemilik situs website yang sudah memiliki puluhan ribu pengunjung setiap harinya maka sekali lagi saya rekomendasikan untuk menggunakan Hosting berbayar.

Sebab apabila pengunjung situs anda sudah berjumlah ribuan namun masih menggunakan layanan Hosting gratis, dikhawatirkan nantinya situs anda akan down ketika diakses.



Demikian pembahasan lengkap mengenai Hosting. Dengan memahami ulasan diatas, diharapkan nantinya anda sebagai pemilik situs website bisa lebih bijak dalam menggunakan Hosting.

Saya rasa cukup sekian pembahasan kali ini, kurang lebihnya mohon maaf. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa di lain kesempatan.

Blogging Seo

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

0 Response to "Penjelasan Lengkap Tentang Hosting Dan Kegunaanya maupun Jenisnya"

Post a Comment

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel