Cara Memilih Template Blog Yang SEO dan Panduan Pemasangan Template Yang Benar

Cara Memilih Template Blog Yang SEO dan Panduan Pemasangan Template Yang Benar


Template merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu blog, dimana template ini memiliki peranan yang sangat bagus, yaitu sebagai wadah atau bisa juga dikatakan sebagai cover dari suatu blog.

Template blog juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pembaca (visitor), selain itu template yang baik juga mampu memberikan interaksi yang baik pula (user friendly) kepada para pengunjungnya.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa template memegang peranan yang amat penting bagi suatu blog, maka dari itu pemilihan serta pemakaian suatu template tidak boleh dilakukan secara sembarang. Karena pada dasarnya template ini memiliki pengaruh terhadap kualitas suatu blog, seperti:


  1. Memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan.
  2. Memudahkan pengunjung dalam mengeksplore suatu blog.
  3. Meningkatkan kualitas blog dimata mesin pencari (Google, Bing, Yahoo).


Nah , oleh sebab pentingnya peranan dari template. Maka perlu adanya tata cara yang baik dalam memilih template sebagai bagian dari blog.

Tapi hal apa saja yang harus diperhatikan dalam melakukan pemilihan template? Berikut adalah syarat dan ketentuan pemilihan template blog yang baik:

1. SEO (Search Engine Optimization)

Syarat utama yang harus diperhatikan dalam memilih template blog adalah harus sudah menyandang gelar SEO. Apa itu SEO? Dan kenapa SEO menjadi persyaratan utama dalam pemilihan template?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, atau bisa juga dikatakan sebagai optimasi mesin pencari.

SEO sendiri pada dasarnya sudah mencakup banyak persyaratan, sehingga ketika suatu template sudah menyandang gelar SEO, maka template itu sudah sangat layak digunakan.

Makna SEO sendiri adalah suatu bentuk usaha yang dilakukan guna memperoleh kualitas serta penilaian yang baik dari sisi mesin pencari.

Mesin pencari seperti Google, Yahoo atau Bing pada dasarnya lebih memprioritaskan situs blog yang menggunakan template SEO, sebab dianggap bahwa template ini sudah memenuhi kriteria, diantaranya:

  • Memiliki interaksi yang baik kepada pengunjung.
  • Memiliki komponen menu dan navigasi yang baik.
  • Serta mampu memberikan kenyamanan bagi para pengunjung yang datang.


2. Loading Yang Cepat

Template blog yang baik juga harus mendukung  kemampuan loading yang cepat, sebab apabila template yang digunakan memiliki score speed yang lambat, maka bisa dipastikan pengunjung blog akan merasa sungkan mengeksplore blog anda.

Loading blog yang lambat juga sangat berbahaya, sebab para pengunjung blog akan dengan mudah meninggalkan situs blog seperti ini.

Itu artinya loading blog juga ikut masuk dalam tolak ukur kenyamanan pengguna. Maka sebelum anda memilih suatu template, cobalah untuk memastikan bahwa template tersebut memiliki score speed yang baik.

Nah untuk mengetahui score speed atau kecepatan loading suatu template, anda bisa menggunakan layanan Page Speed Insight atau bisa juga dengan memanfaatkan layanan GT Matrix. 


3. Responsive

Responsive disini artinya bahwa template tersebut memiliki tampilan yang fleksibel ketika dilihat dari perangkat komputer ataupun perangkat mobile.

Serta perlu diperhatikan pula bahwa template yang akan anda gunakan tersebut memiliki tampilan yang baik dan mudah digunakan baik saat dilihat dari mode desktop maupun saat dilihat dari mode mobile.

Untuk mengetahui apakah template yang akan kita gunakan sudah memenuhi syarat responsive, anda bisa mengeceknya melalui layanan Responsinator.

Dengan menggunakan layanan tersebut, anda akan mengetahui bagaimana tampilan template yang akan anda gunakan, jika dilihat dari berbagai posisi.


4. User Friendly

User friendly maksudnya adalah template blog harus mampu memberikan kenyamanan kepada para pengunjungnya, baik dari sisi tampilan, tata letak widget, menu-menu serta bentuk penyajian konten.

Nah secara garis besar, user friendly suatu template juga bisa didasarkan pada faktor SEO, karena SEO sendiri didalamnya memuat hal-hal yang berkaitan dengan beberapa hal yang membuat template bisa dikatakan user friendly.


5. Struktur Template Bersih Dari Error

Syarat penggunaan serta pemilihan template yang wajib dipenuhi dan tidak boleh sampai ditinggalkan adalah mengenai kondisi struktur template itu sendiri.

Pastikanlah template yang akan anda gunakan bersih dari error atau masalah-masalah lain yang dapat mengganggu index mesin penelusur.

Untuk memastikannya, anda dapat menggunakan  Google Testing Tool Validator (Index) dan Google Testing Tool Validator (Item).

Nah,  setelah kita sudah mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam pemilihan template blog, maka saatnya anda untuk membeli template blog.

Saat ini penyedia template blog sangatlah banyak, hal ini bagaikan dua sisi mata koin yang berbeda, disatu sisi memberikan variasi dalam membeli template dengan desain yang berbeda, disisi lain malah membuat pelanggan merasa bingung karena saking banyaknya penyedia template yang ada.

Namun anda tidak perlu merasa bimbang, sebab saat ini hampir keseluruhan penyedia template sudah memenuhi syarat-syarat seperti yang sudah kita bahas di atas. Anda hanya perlu memilih template sesuai keinginan anda saja.

Agar anda tidak bingung untuk membeli dan memilih menggunakan penyedia template blog, berikut adalah daftar situs penyedia template blog SEO terbaik:

  1. Sugeng.id
  2. IDNTheme
  3. Sora Templates
  4. Gooyabi Templates
  5. BTemplates
  6. Igniel
  7. Blanter
  8. Namina


Anda bisa mengunjungi situs penyedia template blog SEO diatas satu persatu untuk mengetahui template-template apa saja yang mereka sediakan. Tapi, saya pribadi lebih merekomendasikan anda untuk menggunakan template dari Sugeng.id dan IDNTheme.

Alasannya karena, kedua penyedia template tersebut sudah sangat profesional dalam membuat template blogger, selain itu template-template yang mereka hadirkan juga selalu menjadi top trending dan selalu diminati oleh para blogger saat ini.

Oke, baiklah. Setelah anda sudah berhasil mendapatkan template. Maka kita akan beralih ke pembahasan selanjutnya yaitu mengenai cara memasang template blogger dengan baik dan benar.


  1. Buka situs Blogger.com
  2. Kemudian Login seperti biasanya.
  3. Pilih menu “Tema>>Backup/Pulihkan”.
  4. Kemudian klik pada “Pilih File”.
  5. Lalu cari template blogger yang sudah anda dapatkan sebelumnya (yang memiliki format .xml).
  6. Klik “Open” kemudian “Upload”.
  7. Selesai


Sampai pada tahap ini anda sudah berhasil memasang template kedalam blog anda. Selanjutnya anda hanya perlu melakukan penyesuaian terhadap blog anda, agar nantinya situs blog anda sinkron dengan template.

Untuk melakukan penyesuaian ini, anda bisa mulai dari mengatur tata letak di dashboard blogger anda, kemudian disusul melakukan penyesuaian menu dengan melakukan edit HTML di tema blog anda.

Memang untuk melakukan penyesuaian ini tidak bisa dikatakan mudah, apalagi bagi para pemula yang baru saja belajar ngeblog. Blogging Template

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

0 Response to "Cara Memilih Template Blog Yang SEO dan Panduan Pemasangan Template Yang Benar"

Post a Comment

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel