Saturday, August 3, 2019

Menganalisa Persaingan Keywords Dalam SEO



Blog-blog besar biasanya tidak peduli dengan persaingan keywords, tapi untuk blog yang baru dibuat tingkat persaingan ini wajib.

Ini alasanya:


Blog baru yang umurnya dibawah 3-6 bulan biasanya kesulitan untuk mendapatkan peringkat tertinggi ketika bersaing dengan blog/website yang usianya di atas itu. Hal ini dikarenakan Google belum sepenuhnya percaya kepada blog anda yang baru itu.


Untuk itu, ada baiknya anda mencari keywords dengan persaingan rendah dulu, supaya mendapatkan banyak pengunjung tanpa perlu menunggu. Dengan begitu, reputasi blog anda di Google juga akan terbentuk.




Jangan khawatir, disini adalah langkah-langkah terbaik yang harus anda lakukan untuk menganalisa persaingan keywords dalam SEO.


Ketahuilah SEO Dan Keywords Research

Banyak kesalahpahaman yang sering dilakukan para blogger yang baru mengenal SEO dan Keywords Research. Di sini penulis mengajak anda agar tidak melakukan hal yang sama dan ikut-ikutan terjebak.

Jika anda pernah membuka Google Keywords Planner, tentunya melihat kolom dengan nama "Competition" (persaingan) seperti gambar dibawah ini:





Perlu dipahami, bahwa ini tidak ada hubungannya dengan SEO.


Jadi, Google Keywords Planner adalah alat bantu untuk iklan AdWords. Lalu yang dimaksud Competition atau persaingan ini merupakan tingkat kesulitan daya saing iklan AdWords yang dikeluarkan.


Tinggi menunjukkan kata kunci tersebut banyak iklan yang disediakan, sedangkan rendah adalah jumlah iklan yang sedikit.


Ingat! Jangan gunakan hal ini sebagai patokan SEO.


Ok dari sini penulis lanjutkan untuk membahas bagaimana cara menganalisa sebuah keywords dalam SEO.


1. Install Plugin SEOQuake


Jika anda ingin mengetahui tingkat kesulitan sebuah keywords, berarti harus anda ketahui apakah blog-blog atau website yang menempati posisi halaman satu itu merupakan blog besar atau tidak. Untuk itu anda sangat membutuhkan tools yang satu ini.


Install SEOQuake.


Di SEOQuake ini mempunyai fitur yang sangat lengkap dan tools ini merupakan plugin yang gratis untuk digunakan ketika menganalisa persaingan kata kunci yang anda pilih.


Jika sudah menginstallnya coba anda lakukan search di Google maka tampilannya akan seperti ini:





Ada banyak sekali angka dan simbol fitur yang dihasilkan pencarian tersebut di SEOQuake. Supaya tidak pusing mari penulis jelaskan satu persatu.


2. Cara Melihat PageRank (PR)/PA dan DA


PageRank atau PR adalah yang menunjukkan angka dari 0-10 seberapa tinggi reputasi blog tersebut menurut algoritma Google secara resmi. Jika yang tampil menunjukkan N/A atau angka 0 berarti berarti blog tersebut belum punya PageRank.

Page Authority (PA) merupakan angka yang dibuat dari 0-100 yang menunjukkan seberapa tinggi reputasi halaman blog, tetapi bukan angka yang diberikan oleh Google. Melainkan algoritma yang dibuat supaya mendekati.


Sedangkan Domain Authority (DA) memiliki kesamaan dengan PA, tapi untuk keseluruhan domainnya, bukan tiap-tiap halaman.


Jadi, semakin tinggi PR, PA dan DA akan semakin sulit tingkat persaingannya. Namun sebaliknya, keywords yang dihasilkan sebuah blog dengan angka PR, PA dan DA yang rendah biasanya memiliki persaingan rendah.


Ada banyak pendapat, bahwa yang disebut persaingan mudah adalah yang PR, PA dan DA-nya dibawah 25. Tapi untuk itu saja masih belum cukup.


3. Lihat Jumlah dan Kualitas Backlink





Backlink merupakan bagian dari faktor terbesar yang mempengaruhi peringkat blog di mesin pencari. Backlink juga yang mempengaruhi nilai dari PR, PA dan DA. Oleh karena itu, semakin banyak backlink maka semakin sulit tingkat persaingan yang di dapat.


Lihat jumlah backlink di SEOQuake :

L: Jumlah backlink ke halaman tersebut
LD: Jumlah backlink keseluruhan domain

Oleh karena itu, pilih dan klik angka tersebut untuk melihat jumlah backlinknya.


Jika di lihat-lihat jumlah backlinknya banyak dan ternyata sebagian besar topik kontennya tidak berhubungan dengan halaman tersebut, ada kemungkinan ini tergolong mudah.


4. Lihat Kualitas Konten dan Blognya


Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan akurat. Dengan ini anda bisa menggunakannya tanpa tools bantuan apapun.


Logikanya seperti ini, Google selalu berusaha menampilkan blog atau website dengan konten terbaik diposisi teratas. Karena setiap pengunjung akan merasa puas dengan diberikannya konten yang berkualitas baik.



Untuk mengetahui kualitas sebuah blog dan kontennya, kunjungi halaman pertamanya di masing-masing situs blog/web yang anda cari. Kalau ternyata kurang bagus, berarti mudah untuk di analisa dan menentukan keywords dalam persaingan tersebut.


Bahkan jika blog orang lain dengan PA/DA-nya besar dan backlinknya banyak, tapi jika kontennya tidak berkualitas baik, maka sudah dapat dipastikan blog anda bisa menjadi peringkat satu. Jadi, untuk masalah ini tergantung dari anda sendiri apakah bisa membuat konten yang lebih bagus daripada mereka atau tidak.


Jika anda bisa melakukannya maka tingkat persaingan dalam keywords yang di dapat berarti mudah. Tapi, kalau anda tidak bisa berarti susah.


Itulah langkah-langkah yang penulis jabarkan untuk melakukan analisa pada persaingan keywords.
Comments

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

About Me

My photo
Cuman Anak sekolah yang suka nya bolos.

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Atas Artikel