Friday, August 9, 2019

6 Produk Jenis Asuransi Yang Ada Di Indonesia Umum



Ada banyak jenis asuransi yang ada di Indonesia, dan setiap perusahaan asuransi di Indonesia juga memiliki jenis produk asuransi yang mungkin tidak sama, walaupun sebagian sama.

Sebagaimana yang sudah kita ketahui asuransi merupakan sebuah alternatif investasi yang cukup bagus (walaupun konsep-nya tidak sama dengan bank), dan kebanyakan asuransi digunakan sebagai antisipasi atau sebuah upaya untuk meminimalkan kerugian atas risiko yang tidak dapat kita duga.

Penggolongan Asuransi di golong-kan dalam beberapa jenis produk asuransi yang di golong-kan dengan fokus dan risiko. Untuk menentukan ukuran keseragaman dalam risiko yang ditanggung sesuai jenis kebijakan maka Fokus dan risiko sangat penting, sehingga perusahaan asuransi dapat mengantisipasi potensi kerugian serta menetapkan tingkat premi yang ditawarkan sesuai dengan jenis asuransi.

Jenis asuransi yang ada di Indonesia

Sebagaimana yang sudah saya sebutkan di atas bahwa jenis asuransi yang tersedia di setiap perusahaan asuransi di indonesia mungkin akan berbeda, tergantung masing-masing perusahaan asuransi tersebut memiliki produk asuransi apa saja.

Walaupun kita tidak tahu semua jenis produk asuransi yang ditawarkan masing-masing perusahaan asuransi (jika tidak menanyakan langsung ke pihak perusahaan asuransi bersangkutan) akan tetapi kita dapat mengetahui jenis produk asuransi secara umum.

Pada halaman ini saya hanya akan mengangkat 6 jenis asuransi yang ada di Indonesia yang umum.

6 jenis asuransi yang ada di Indonesia

1. Asuransi Jiwa

Jenis asuransi jiwa merupakan salah satu produk asuransi yang dikenal dapat memberikan keuntungan finansial pada ter-tanggung atas kematiannya. Jenis asuransi jiwa menggunakan sistem pembayaran yang mungkin tidak sama antara perusahaan asuransi yang satu dengan yang lainnya.

 Ada perusahaan asuransi yang menyediakan pembayaran setelah kematian dan yang lainnya mengharuskan kita untuk membayar setiap bulan sampai batas waktu tertentu. Begitu juga masalah klaim asuransi, ada perusahaan asuransi yang memungkinkan ter-tanggung untuk mengambil klaim asuransi sebelum kematiannya dan ada juga yang tidak memungkinkan klaim asuransi sebelum kematiannya.

Produk asuransi jiwa dapat dibeli untuk kepentingan diri sendiri dan atas nama ter-tanggung saja atau dibeli untuk kepentingan orang ketiga. misalnya : seorang anak membeli asuransi jiwa untuk ayahnya atau sebaliknya.

2. Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi kesehatan juga merupakan produk asuransi yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Asuransi kesehatan adalah sebuah produk asuransi yang menangani masalah kesehatan ter-tanggung karena suatu penyakit dalam bentuk biaya proses perawatan. Pada umumnya, sakit yang dapat ditanggung biayanya oleh perusahaan asuransi adalah cedera, cacat, sakit, hingga kematian karena kecelakaan.

3. Asuransi Pendidikan

Sesuai dengan sebutannya, jenis asuransi pendidikan adalah sebuah produk asuransi yang bisa dijadikan sebagai solusi / aset jaminan pendidikan, dan bisanya digunakan untuk kelangsungan pendidikan anak untuk masa depan. Premi yang harus dibayar ter-tanggung kepada perusahaan asuransi tidak sama dan akan disesuaikan dengan tingkatan pendidikan yang ingin didapatkan nantinya.

Bagi orang tua maka sudah menjadi keharusan untuk memikirkan masa depan anaknya, terutama dalam bidang pendidikan, dengan membeli produk asuransi pendidikan anak maka para orang tua berarti telah membuat tabungan jangka panjang untuk menjamin kelangsungan pendidikan anaknya.

4. Asuransi kepemilikan Rumah Dan Properti

Mengingat rumah dan properti dianggap sebagai aset yang cukup berharga, maka para pemilik rumah / properti biasanya akan melindungi diri dan aset miliknya yang bisa berupa rumah atau properti pribadi dengan asuransi kepemilikan rumah dan properti. Dengan asuransi rumah ini maka pemilik rumah akan memiliki proteksi terhadap kehilangan atau kerusakan yang mungkin terjadi. Asuransi ini juga akan meminimalkan kerugian bilamana rumah atau properti ter-tanggung lainnya mengalami musibah seperti kebakaran.

5. Asuransi Kendaraan

Jenis asuransi kendaraan adalah salah satu produk asuransi yang menangani bidang kendaraan, dan jenis asuransi kendaraan yang populer di Indonesia yaitu jenis asuransi mobil (karena mobil juga merupakan salah satu aset yang dianggap berharga), asuransi kendaraan fokus terhadap tanggungan cedera kepada orang lain atau terhadap kerusakan kendaraan orang lain yang disebabkan oleh si ter-tanggung. Selain itu asuransi kendaraan juga bisa untuk membayar kehilangan atau kerusakan kendaraan bermotor ter-tanggung.

6. Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan atau bisa juga disebut asuransi travel bisanya bersifat kontrak asuransi jangka pendek yaitu selama ter-tanggung melakukan perjalanan hingga sampai tujuan dengan keterlibatan pihak ketiga. Sesuai dengan namanya asuransi travel ini sudah tentu banyak digunakan oleh perusahaan/pengusaha travel, yang mana pihak pengusaha travel melakukan kontak kepada perusahaan asuransi kemudian pihak travel mendapat kontrak asuransi singkat (dalam bentuk tiket perjalanan) yang kemudian bisa dibeli oleh pihak ter-tanggung (dalam hal ini ter-tanggung adalah penumpang).

Manfaat asuransi perjalanan / asuransi travel antara lain pembeli premi mendapat proteksi dan penanggungan biaya untuk kecelakaan yang menimpanya selama dalam perjalanan, santunan kecelakaan pribadi, tanggungan biaya pengobatan darurat, pemulangan jenazah, evakuasi medis, hingga proteksi terhadap barang-barang bawaan yang memiliki risiko hilang atau rusak.
Comments

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

About Me

My photo
Cuman Anak sekolah yang suka nya bolos.

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Atas Artikel