√ Cara Mencari Long Tail Keywords Dengan Nilai Tinggi

Cara Mencari Long Tail Keywords Dengan Nilai Tinggi

long tail keywords

Seharusnya kata kunci yang anda incar untuk blog/website bukan melihat dari volume pencarian yang bernilai tinggi, melainkan yang tepat sasaran dan biasanya lebih panjang. Oleh sebab itu, disebut Long Tail Keywords.

Kenapa Harus Long Tail?


Pertama : keywords tersebut bernilai tinggi atau mempunyai commercial intent (niat untuk membeli) terkadang panjang. Contohnya seperti ini: ketika seseorang memiliki sebuah produk dengan konsep distro, jika si produsen membuat banyak pilihan kepada pelanggan dengan memberikan stok 100 pcs. Maka produsen tersebut akan membuat 20 model dengan permodel 5 item daripada 20 item, tapi hanya punya 5 jenis model.


Artinya, jika seseorang ingin mencari sebuah barang misalkan baju distro coffeepark. Tentu orang tersebut akan melakukan pencarian "beli baju distro coffeepark Cirebon", bukan cuma "baju distro coffeepark" saja.


Kedua : long tail keywords pada umumnya punya persaingan lebih rendah dibandingkan dengan keywords pendek. Meski volumenya terbilang kecil, anda secara tidak sengaja menargetkan banyak long tail sekaligus sehingga volumenya meningkat menjadi banyak.


Menemukan Long Tail Keywords


Jika anda mengikuti panduan ini lebih awal, terutama dibagian bab 2. Secara tidak sengaja anda sudah menemukan long tail keywords. Ok, penjelasan dibawah ini sedikit mengulas tentang tools yang akan digunakan untuk mencari long tail keywords.


1. Ubersuggest



ubersuggest


Dengan adanya tools Ubersuggest anda dapat menemukan banyak kata kunci sekaligus. Keywords-keywords ini tidak terdaftar di dalam Google Keywords Planner (GKP). Dengan kata lain adanya tools ini anda bisa menemukan ribuan kata kunci yang tersembunyi.


Alternatif lain dari ubersuggest itu adalah keywordtool.io


2. Webmaster Tools dan Google Analytic


Jika blog/website anda sudah punya traffic yang stabil dari mesin pencari, secara tak sadar akan ada banyak long tail keywords yang muncul di blog/website anda.


Untuk mendapatkan keywords ini, silahkan buka Google Webmaster Tools atau Google Analytic anda (jika sudah membuatnya dan terhubung dengan blog/web), kemudian klik menu Kinerja > Kueri (saat menggunakan Google Webmaster Tools) sedangkan untuk Google Analytic klik Akuisisi > Search Console > Kueri.


Google Webmaster Tools



webmaster



Google Analytic



analytic

Daftar keywords di atas yang telah diberi tanda kuning oleh penulis; tidak sengaja kata kunci tersebut muncul di Google Webmaster Tools (GWT). Dari sinilah anda dapat menemukan keywords-keywords yang tersembunyi di blog atau website anda.


3. Forum, Group Facebook dan Situs Komunitas Jejaring Medsos


Dengan adanya percakapan di forum, group Facebook maupun jejaring sosial media lainnya, anda bisa mendapatkan ide untuk long tail keywords. Mungkin anda tidak memerlukan lagi riset tambahan untuk keywords dari situs sosial, karena diminati banyak orang.


Mengutamakan Prioritas Keywords


Dari sekian banyak keywords yang telah anda kumpulkan pada bab ini dan bab sebelumnya, lalu bagaimana cara menentukan prioritasnya?


Bilamana anda masih memiliki simpanan keywords di Excel atau Spreadsheet, carilah keywords yang menurut anda terbaik berdasarkan data volume, intent dan tingkat kesulitan. Lalu pisahkan keywords tersebut ke halaman document baru, untuk membedakan yang terbaik dan tidak.


Inilah keywords yang akan anda gunakan dalam mengoptimasi blog/website.


Intinya, yang menjadi faktor penentu dilihat dari sisi mana yang lebih penting dan profitable untuk blog/website anda dan harus diprioritaskan. Misalnya, untuk blog/website tutorial dan menjual layanan jasa, yang diprioritaskan adalah keywords dengan intent Investigasi Komersial supaya conversion lebih besar.


Jika anda ingin mengincar volume yang lebih tinggi terkait jenis blog/website tersebut, ada baiknya anda membuat blog/website bisnis sebagai penunjang.


Show Comments
Hide Comments

0 Response to "Cara Mencari Long Tail Keywords Dengan Nilai Tinggi"

Post a Comment

Pesan Admin Hidayatimur
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel